Pages

Powered By Blogger

Jumat, 13 April 2012

PKS SMAN 8 GARUT

Posted By imam septian On 12 Mei 2012. Under PKS SMAN 8 GARUT  Tags: SMAN 8 GARUT  

PKS SMAN 8 Garut di resmikan pada tgl 26 Des 2009 oleh KEPALA SEKOLAH (Drs. Cecep R Rusdaya), pelopornya adalah INSTRUKTUR PKS POLRES Garut (Ihwan Thair Assidiq) & pada tgl itu juga di jadikan sebagai HUT PKS SMAN 8 Garut, sampai saat ini PKS SMAN 8 Garut melahirkan IV angkatan.
Nama INSTRUKTUR :
Ihwan Thair Assidiq (XXVI)
Nama DANTON :

Muhammad Indra Irawan (I)
Moenika Mawardi (I)
Herawati (II)
Rustandi (III)
Ai rofiqoh (IV)
Lalu siapakah yg akan menjadi DANTON selanjutnya ?



Patroli Keamanan Sekolah atau dapat disingkat PKS adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui di sekolah-sekolah di Indonesia.
Pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklah suatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah.
Pada saat itu ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut.
Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi keamanan sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Anton Sudjarwo Ruang lingkup dari Patroli kemanan Sekolah mengalami penyempitan dan perluasan.
Tugas dipersempit dibidang keamanan, dimana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negative yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.
Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, para siswa dilatih menjadi semacam "polisi sekolah". Tidak hanya itu saja banyak sekali pengetahuan yang didapat oleh seorang anggota PKS. Mereka diberi pelajaran mengenai Narkoba dan Kenakalan Remaja, supaya mereka tahu betapa membahayakannya Narkoba itu. Latihan Baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama Gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasanya di terapkan di lingkungan sekolah masing-masing. Selain itu semua tugas PKS juga menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah.
janji PKS


SAPTA DARMA PKS 

BERJANJI AKAN BERSUNGGUH-SUNGGUH:
1.TAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA
2.JUJUR SETIA DAN TIDAK MUDAH PUTUS ASA
3.MENTAATI TATA TERTIB ORGANISASI PKS
4.MENGHORMATI SESAMA ORGANISASI PKS
5.MENGHORMATI SESAMA ORGANISASI LAIN
6.BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEWAJIBAN KAMI SEBAGAI ANGGOTA PKS
7.MENJAGA NAMA BAIK PKS
KAMI ANGGOTA PKS


MOTO PKS

ISKARIMUN AU'MUT SYAHIDAH 
(HIDUP MULYA ATAU MATI SYAHID)
ONE FOR ALL, ALL FOR ONE
(SATU UNTUK SEMUA, SEMUA UNTUK SATU)
ESPRITE IN THE CROPST
(KESETIAN DALAM KEBERSAMAAN)

0 komentar:

Posting Komentar